PENGETAHUAN UMUM

Wednesday, October 22, 2014

Kode Telepon Indonesia

Jika kita ingin menelpon sambungan langsung jarak jauh atau biasa disingkat dengan SLJJ pada tujuan telepon kabel (telepon rumah) atau PSTN (Public Switched Telephone Network), biasanya terlebih dahulu kode area masing-masing wilayah sebelum memasukkan nomer telepon. Berikut ini kode area telepon Indonesia di masing-masing nama daerah yang berawalan dengan huruf A dan B:

No.KOTA     KODE AREA     
1.AEK KANOPAN0624
2.AGATS0902
3.AIRMADIDI0431
4.AMBON0911
5.AMBULU0336
6.AMLAPURA0363
7.AMPAH0522
8.AMPANA0464
9.AMUNTAI0527
10.AMURANG0430
11.ANDOLO 0401
12.ARGAMAKMUR0737
13.ATAMBUA0389
14.BAA0380
15.BADUNG0361
16.BAGANSIAPIAPI0767
17.BAJAWA0384
18.BAKONGAN0657
19.BALAI SELASA0757
20.BALIGE0652
21.BALIKPAPAN0542
22.BANDA ACEH0651
23.BANDANEIRA0910
24.BANDAR LAMPUNG0721
25.BANDUNG022
26.BANGGAI0462
27.BANGKALAN031
28.BANGKINAG0762
29.BANGKO0746
30.BANGLI0366
31.BANJAR0265
32.BANJAR0511
33.BANJARBARU0511
34.BANJARMASIN0511
35.BANJARNEGARA0286
36.BANTAENG0413
37.BANTUL0274
37.BANYUASIN0714
39.BANYUMAS0281
40.BANYUWANGI0333
41.BARABAI0517
42.BARRU0427
43.BARUS0638
44.BATAM0778
45.BATANG0285
46.BATANG TARANG 0564
47.BATU0341
48.BATULICIN0518
49.BATURAJA0735
50.BATURITI0368
51.BATUSANGKAR0752
52.BAU-BAU0402
55.BEKASI021
54.BELINYU0715
55.BENKALIS 0766
56.BENGKAYANG0562
57.BENGKULU0736
58.BIAK0981
59.BIMA0374
60.BINJAI061
61.BINTUHAN0739
62.BINTUNI0955
63.BIREUEN0644
64.BITUNG0438
65.BLAMBANGAN UMPU    0723
66.BLANG KEJEREN0642
67.BLANG PIDIE0659
68.BLITAR0342
69.BLORA0296
70.BOGOR0251
71.BOJONEGORO0353
72.BOLAANG UKI0434
73.BONDOWOSO0332
74.BONTANG0548
75.BOROKO 0434
76.BORONG0385
77.BOTAWA0983
78.BOYOLALI0276
79.BREBES0283
80.BUKITTINGGI0752
81.BULA0915
82.BULUKUMBA0413
83.BUMIAYU0289
84.BUNGKU 0465
85.BUNTA0463
86.BUNTOK0525
87.BUOL0445
88.BURANGA0402

Saturday, September 29, 2012

SMS

Pagi dini hari, saya terbangun ketika hp saya berbunyi. Sms "hoax" yang "ga penting banget" masuk ke inbox. Imbauan untuk registrasi ke nomer tertentu. Kurang asem, padahal lagi enak-enaknya tidur. Tapi salah saya sendiri juga lupa matiin hp pas berangkat tidur. Perasaan, akhir-akhir ini sms seperti itu kok makin menjadi-jadi ya. Yang paling bikin kesel, datangnya terkadang ga peduli sama waktu. Mending kalau siang, lah ini jam istirahat malam. Yah namanya juga hoax, mau protes ma sapa?? he..he..

Cerita tetangga saya nih yang kesehariannya tampak alim (sebut saja Ibu Eneng) sempat kehilangan kesabaran setelah ketemu ma si hoax ini. Tiap habis isi pulsa, langsung habis padahal ga buat telpon dan cuma terima sms doang dari operator, begitu inti kalimatnya ketika mengeluh ke saya. "Dasar An***g, loe curi pulsa saya, nanti Tuhan yang akan balas perbuatan loe" Sambil mete-mete dia kirim sms balasan ke no operator tersebut. Tapi emang dasar kurang ajar, sms saya malah dibalas dengan kalimat tanpa dosa! rutuknya... OH! Sesederhana mungkin, saya coba beri penjelasan, kalau semua itu telah di-setting, dan yang jawab smsnya adalah mesin. Tapi ibu eneng kayaknya malah tambah sewot, katanya "ga mungkin mesin, itu pasti manusia yang ga punya otak" weleh...weleh...terus gimana dong ngejelasinnya??

Gimana pendapat temen-temen...?

Tuesday, March 15, 2011

Pasar Tradisional di Sumatera Barat

Berbelanja di supermarket terasa nyaman salah duanya karena ruangannya yang ber-ac dan bersih. Belum lagi barang-barang yang dijual di sana juga lebih mudah dicari soalnya tertata rapi plus sudah berlabel harga pula. Bandingkan dengan pasar tradisional yang umumnya tidak tertata rapi dan terkesan jorok. Terlebih di sekitar area penjual ayam potong atau ikan basah. Toh begitu, pasar tradisional tetap mendapat tempat di hati masyarakat. Di banyak kota besar, supermarket dibangun bak cendawan di musim penghujan, namun bukan berarti membuat pasar tradisional mati gaya.

Pasar tradisional terkadang mempunyai ciri khas unik di masing-masing daerah. Pasar apung seperti yang ada di Banjarmasin misalnya. Mungkin karena unik, sampe-sampe salah satu stasiun televisi swasta pernah menayangkan sebagai ikon.

Pedagang pasar tradisional yang ada di Sumatera Barat juga tak kalah unik. Waktu pertama kali masuk pasar tradisional di Kota Padang, saya kagum dengan keagresifan para pedagangnya. Hampir semua pedagang (apapun barang yang dijual) selalu dengan ramah dan tanpa bosan2 menawarkan pada semua orang yang lewat di depan toko/kios mereka. Lain lagi dengan pedagang di lapak-lapak yang menjual baju atau panci, mereka menawarkan dagangannya dengan intonasi tinggi dan logat khas sehingga terdengar oleh saya seperti orang yang sedang marah-marah. "Dipilih...dipilih! Sapuluah! Sapuluah! (baca: sepuluh ribu)".

Yang lebay dan cukup menggelikan, pernah saya menemui seorang pedagang dengan teriakan yang meyakinkan ketika menawarkan dagangannya. "Ayo..Ayo....Dipilih...dipilih... Jaan barabuik sadonyo dapek!!" (baca: Jangan berebut semuanya kebagian) Sementara, tidak terlihat satupun pembeli yang mendekati lapaknya....Saya juga pernah ditawari oleh seorang pedagang ikan, dengan cara yang aneh. "Heh...Heh!" Dia mencolek bahu saya, seraya menyodorkan seikat ikan persis seperti orang mau nodong. Yang model begini, bisa jadi dia tidak cukup percaya diri dengan teriakan lantang.

Penjual Ikan Kering
Penjual Ikan Kering
Umumnya, kalau mau beli ikan di supermarket tentu ditimbang dulu sebelum dibayar di meja kasir. Masyarakat Sumbar rata-rata makan ikan setiap hari. Ikan segar yang dijual di pasar tradisional kebanyakan dijual tanpa main timbang tetapi berupa onggokan dengan harga tertentu. Jadi, harga ikan tidak ada patokannya. Setiap saat bisa berubah, tergantung pada si penjualnya. Sedangkan si penjual tergantung pada nelayan pencari ikan. Kalau ga salah dengar, jika musim kemarau hasil tangkapan ikan sedikit sehingga harganya menjadi melejit (kalau salah dengar...diralat ya..he...). Begitu juga dengan ikan kering, beberapa penjualnya memilih takaran dengan piring. Onggokan ikan kering ditaruh dalam piring-piring plastik dan dikelompokkan jenisnya. Harganya? Tidak menentu dan tidak ada patokan. Tergantung masing-masing penjual ikan. Toh begitu, harga yang disebutkan bukanlah harga mati alias masih bisa ditawar.

Kebanyakan Kabupaten-kabupaten di Sumatera Barat, pasar tradisional tidak buka setiap hari. Pasar tradisional hanya buka pada hari tertentu dan tempatnya selalu berganti setiap hari. Sudah ditetapkan masing-masing hari pada setiap nagari (desa).  Misalnya hari senin pasarnya di desa A, Selasa di desa B, begitu seterusnya selama seminggu. Minggu berikutnya diulang lagi dengan urutan yang sama. Di tempat saya tinggal, hari pasar jatuh pada hari selasa. Jadi, kalau pas hari Kamis pingin masak opor ayam misal, kebetulan lupa beli ayam pada hari pasar mesti nahan selera hingga Selasa berikutnya. Bayangkan, harus nunggu 5 hari untuk bisa  makan opor ayam...Hiks..hiks....Apa ga  ngeces coba?


Friday, February 25, 2011

Tarian Daerah yang Ada di Indonesia

No.Asal/Daerah Nama Tarian
1.Nangroe Aceh DarrusalamRateb Meuseukat
Saman
Seudati
Ula-ula Lembing
Likok Pulo
2.Sumatera UtaraTortor
Serampang Dua Belas
Morah-Morah
Sipajok
Patam-Patam
Kebangkiung
Parakut
3.Sumatera BaratPasambahan
Piring
Payung
Indang
4.RiauSekapur Sirih
Tanduk
Joged Lambak
5.JambiSekapur Sirih
Serengkuh Dayung
Piring Jambi
Baselang
Inai
Sumbun
Japin Rantau
Rangguk
Kromong
Dana Sarah
6.Sumatera SelatanTanggai
Gending Sriwijaya
Tenun Songket
Madik (Nindai)
Mejeng Besuko
Rodat Cempako
7.BengkuluAndung
Tombak Kerbau
Putri Gading Cempaka
Kejai
Pukek
Sekapur Sirih
8.LampungSembah (Sigeh Penguten)
Melinting
9.Kepulauan Bangka BelitungTanggai
Zapin
Campak
Bahtera Bertiang Tujuh
10.Kepulauan RiauInai
Dayung Sampan
Melemang
Rokana
11.DKI JakartaYapong
Topeng
12.Jawa BaratJaipong
Merak
Topeng Cirebon
13.Jawa TengahSerimpi
Bambangan Cakil
Gambyong
14.DI YogyakartaBedhoyo
Serimpi Sangupati
Golek Menak
15.BantenTopeng
Cokek
Saman
16.Jawa TimurRemo
Gambyong
Bondan
Srimpi
Reog Ponorogo
17.Bali Legong
Arja
Joged Bumbung
Drama GongBarong
Pendet
Calon Arang
Kecak
18.Nusa Tenggara BaratMpaa Lenggogo
Batunganga
19.Nusa Tenggara TimurHopong
Manekat (Tempat Siri)
Peminangan
Likurai
Dodakado
Yappa Iya
20.Kalimantan BaratMonong/Manang
Pingan
Jonggan
Zapin Tembung
Zapin Kipas
Kinyah Uut Danum
21.Kalimantan TengahHugo/Huda
Putri Malawen
Tuntung Tulus
Giring-giring
Manasai
Balian Bawo
Balian Dadas
Manganjan
22.Kalimantan SelatanTandik Balian
Babangsai
Kanjar
Kambang
Rahayu
Gepang
23.Kalimatan TimurBedewa
Iluk Bebalon
Besyitan
Kedandiu
Gantar
Ngeleway
Belian
Jepin Ujang Bentawol
24.Sulawesi UtaraKatrili
Polo-palo
Maengket
25.Sulawesi TengahDero
26.Sulawesi SelatanKipas
Bosara
Ma'badong
Pajoge
27.Sulawesi TenggaraBalumpa
Dinggu
28.GorontaloSaronde
Mokarawo
29.Sulawesi BaratPattudu
Bamba Manurung
Motaro
Bulu Londong
Ma Bundu
Dego Pallaga
Pajinang
30.MalukuCakalele
Saureka-reka
Sarinande
31.Maluku UtaraTidetide
Dengedenge
Gumatere
Lelehe
32.PapuaSajojo
Musyoh
Papua
Selamat Datang
33.Papua BaratCendrawasih

Sumber: Wikipedia, dan beberapa situs lain

Thursday, February 17, 2011

Domain Suatu Negara/Wilayah

Domain Suatu Negara/Wilayah menunjukkan asal sebuah situs. Semisal sebuah situs yang berakhiran dot id (.id) menunjukkan bahwa situs tersebut berasal dari Indonesia. Berikut ini adalah daftar beberapa domain negara-negara atau suatu wilayah yang ada di dunia.

Thursday, January 27, 2011

Kabupaten dan Kota di Papua Barat

Postingan kali ini adalah daftar nama kota yang ada di provinsi Papua Barat. Sementara untuk melihat nama kabupaten dan kota yang ada di provinsi lain klik link berikut:
D.I. Aceh
Sumatera Utara
Sumatera Barat
Riau
Jambi
Sumatera Selatan
Bengkulu
Lampung
Kepulauan Bangka Belitung
Kepulauan Riau
DKI Jakarta
Jawa Barat
Jawa Tengah
DI Yogyakarta
Banten
Jawa Timur
Bali
Nusa Tenggara Barat
Nusa Tenggara Timur
Kalimantan Barat
Kalimantan Tengah
Kalimantan Selatan
Kalimantan Timur
Sulawesi Utara
Sulawesi Tengah
Kabupaten/Kota di Sulawesi Tenggara
Maluku Utara
Maluku
Papua


Berikut nama kabupaten dan kota di provinsi Papua Barat beserta jumlah kecamatannya:

Kabupaten dan Kota di Papua

Postingan kali ini adalah daftar nama kota yang ada di provinsi Papua. Sementara untuk melihat nama kabupaten dan kota yang ada di provinsi lain klik link berikut:
D.I. Aceh
Sumatera Utara
Sumatera Barat
Riau
Jambi
Sumatera Selatan
Bengkulu
Lampung
Kepulauan Bangka Belitung
Kepulauan Riau
DKI Jakarta
Jawa Barat
Jawa Tengah
DI Yogyakarta
Banten
Jawa Timur
Bali
Nusa Tenggara Barat
Nusa Tenggara Timur
Kalimantan Barat
Kalimantan Tengah
Kalimantan Selatan
Kalimantan Timur
Sulawesi Utara
Sulawesi Tengah
Kabupaten/Kota di Sulawesi Tenggara
Maluku Utara
Maluku


Berikut nama kabupaten dan kota di provinsi Papua beserta jumlah kecamatannya: