PENGETAHUAN UMUM

Wednesday, August 25, 2010

Iglo: Rumah Orang Eskimo

IGLO
"Igloo" (baca;igluw) adalah rumah orang Eskimo yang tinggal di kutub utara. Untuk menahan dinginnya udara, mereka membuat rumah dari bongkahan salju. Pemilihan material salju untuk membangun iglo tidak boleh sembarangan. Salju yang digunakan harus yang cukup kuat. Tiap potongan atau bongkahan salju harus dipasang dengan tepat dan benar. Salju yang dipilih adalah salju padat sehingga sambungan satu iglo dengan yang lain menjadi kokoh. Selain itu, iglo dari salju padat lebih tahan tiupan angin.

Igloo berasal dari Inuktitut (dalam bahasa indoneisa:Iglo), yang berarti rumah atau rumah kecil. Biasanya berbentuk seperti kubah, dengan pintu menyerupai terowongan. Orang harus membungkukkan badan agar bisa masuk ke dalam iglo.

Selain di Kutub Utara, iglo juga ditemukan di Green-Lands, Thule, Kanada. Suhu di dalam iglo konon cukup hangat dibanding di luar yang suhunya bisa mencapai minus 46 derajat celcius. Orang Eskimo melakukan semua kegiatan di dalam iglo, seperti memasak, makan dan tidur.

Iglo ada yang kecil, sedang dan besar. Iglo kecil dibuat untuk tempat berlindung sementara, misalnya untuk pemburu yang harus menginap selama satu atau dua malam.

Iglo ukuran sedang adalah rumah tinggal satu atau dua keluarga. Di dalam Iglo hanya ada satu kamar dengan tempat tidur bertingkat. Di dalam sebuah perkampungan kecil orang Eskimo ada beberapa iglo berukuran sedang.

Iglo besar biasanya dibangun untuk kegiatan yang bersifat sementara, bila ada pertemuan. Iglo besar bisa dibangun dari beberapa iglo sedang yang didempetkan dengan menyatukan pintunya. Di dalam iglo besar terdapat lebih dari lima kamar dan cukup untuk 20 orang.

ESKIMO, SI PENGHUNI IGLO
Panggilan untuk penduduk yang tinggal di daerah kutub adalah Eskimo, atau Esquimaux. Ada dua kelompok besar Eskimo, yaitu Inuit yang tinggal di utara Alaska, Kanada dan Greenland. Sedangkan kelompok lain disebut Yupik untuk mereka yang tinggal di barat Alaska dan daerah timur jauh Rusia.

Orang Eskimo memiliki hubungan dengan etnis Aleut dan Alutiiq dari kepulauan Aleutian di Alaska dan juga Sug'piak dari kepulauan Kodiak hingga Prince William Sound di Selatan tengah Alaska. Bangsa Eskimo suka berburu anjing laut.


Judul artikel ini: Iglo: Rumah Orang Eskimo dan artikel Iglo: Rumah Orang Eskimo ini url-nya adalah http://www.pengetahuan-oemum.com/2010/08/iglo-rumah-orang-eskimo.html, silahkan mengcopy paste jika artikel Iglo: Rumah Orang Eskimo ini bermanfaat bagi anda, jangan lupa ya untuk membuat link Iglo: Rumah Orang Eskimo ini...Tengkyu

1 comment:

Ariana AJ said...

Hi,nk tanya sikit...
Orang eskimo tinggal kat dalam rumah apa pada musim panas?

Post a Comment

Maaf komentar yang tidak relevan/spam akan saya hapus.