Ikan Lemuru Produk Ikan Sarden

Pernah mendengar kata Ikan Lemuru?. Ikan Lemuru (Sardinella Lemuru) adalah ikan yang dijadikan produk ikan sarden lokal di Indonesia. Ikan ini banyak terdapat di Selat Bali, Wilayah perairan Jawa Timur dan perairan Bali. Sementara yang terkenal sebagai ikan sarden adalah sarden jepang (Sardinella melanostica).

Karena nama lemuru kurang dikenal, maka yang dicantumkan di dalam kalengnya hanyalah nama sardennya. Di Indonesia sebetulnya punya beberapa jenis sarden seperti sardinella longiceps, sardinella sirm, sardinella leigaster, dan sardinella clupeoides. Nama-nama ini merupakan hasil tangkapan dari daerah kepulauan seribu, Pekalongan, Tegal dan Pelabuhan Ratu. Hanya saja populasinya tidak sebanyak dengan lemuru yang ada di Selat Bali.

Ditempat hidupnya di perairan Bali, ikan ini banyak sebutannya seperti, jika badannya masih kecil disebut semenit atau sempenit, Jika beranjak dewasa dan panjang badannya sekitar 12 cm dijuluki Protolan. Ketika badannya mencapai 15 cm disebut Lemuru. Tapi kalau ukurannya lebih besar lagi disebut Lemuru Kucing. Tapi ada juga di daerah lain di Bali seperti di Perairan Jimbaran, Ikan Lemuru di sebut ikan kucing tanpa memperdulikan ukurannya.

Bagi penjual ikan segar, Ikan Lemuru tergolong ikan yang tidak disukai karena gampang busuk. Karena sifatnya yang mudah busuk, penjualan lemuru segar hanya terbatas di daerah Muncar (Banyuwangi). Di luar daerah itu, lemuru dijual sudah dalam bentuk olahan seperti Ikan Pindang, ikan asin atau tepung ikan.

Untuk pengalengan dalam bentuk produk ikan sarden, hanya lemuru dengan kualitas bagus yang diolah. Karena daging ikan ini mudah hancur, sebelum dikalengkan, ikan ini direndam dalam larutan garam encer 15% selama 15 menit. Selain untuk memperkuat struktur daging, perlakuan ini juga bertujuan untuk menambah rasa lezat ikan lemuru dalam produk Ikan Sarden.

2 Responses to "Ikan Lemuru Produk Ikan Sarden"

  1. Ambo ingin mampagarahkan Uni Amboko, dima tau,mungkin bisa jadi bahan tulisan humor dek Uni.Mimi dan Mintuno adalah sejenis binatang laut.Mimi si betina dan Mintuno jantan. Kemana pergi selalu berdua, saling gendong. Berikutnya Cumi Cumi adalah jenis binatang laut yang berkelamin betina, sedangkan yang jantan bernama Cuma Cuma. Sakitu daulu yo Ni. Maaf sakadar bagarah. Salam dari Wildenni Caniago.

    ReplyDelete
  2. infonya bagus tq uda share, jd nambah pengetahuan tulis lg yg banyak donk tentang ikan seperti makarel tuna dll

    ReplyDelete

Maaf komentar yang tidak relevan/spam akan saya hapus.