Jenis-Jenis Dinosaurus

Nama berbagai jenis Dinosaurus didasarkan pada tiga hal :
Pertama, berdasarkan ciri fisiknya, Kedua, berdasarkan kebiasaan aneh yang dilakukan, Ketiga, berdasarkan nama daerah atau penemu fosil tersebut.

Fosil pertama yang ditemukan bergigi khas mirip gigi iguana karena itu dinamakan Iguanodon. Ada juga reptile terbang berambut kasar, jelek dan menakutkan, diberi nama Sorder Pilosus yang artinya setan berambut. Nama Stegosaurus berarti kadal bergenting karena di punggungnya ada lempengan mirip genting rumah.

Nama berdasarkan kebiasan khas, diberikan kepada dinosaurus pemakan daging yang sangat kuat dan ganas. Dinosaurus ini menyerang dinosaurus apa saja yang, dari yang kecil sampai yang besar. Karena kebisaannya dan kekejamannya, ia dinamakan Kadal si Raja Lalim, atau Tyrannousaurus rex (T-rex).

Nama berdasarkan tempat temuan fosilnya antara lain diberikan kepada Alber-Taurus. Fosil pemakan daging dengan tubuh raksasa ini pertama kali ditemukan di Kanada.

Hingga kini para ahli telah menemukan sekitar 600 jenis fosil dinosaurus dari zaman berbeda, sejak zaman Trias (225 juta – 180 juta tahun lalu), Zaman Jura (180 Juta - 135 juta tahun lalu), dan Zaman Kapur (135 juta – 65 juta tahun lalu).

Dinosarurus dibagi dua: Karnivora ( Pemakan daging ), dan herbivora ( Pemakan tumbuhan ). Jenis Karnivora karena makanannya daging atau ikan, giginya panjang dan tajam. Jenis herbivore bergigi kecil dan rata.

Diantara Dinosaurus tersebut yang paling besar dinamai Ultrasaurus dengan tinggi 18 meter, panjang 30 meter dan berat sekitar 136 ton. Dinosaurus raksasa ini diduga kerabat Brakhiosaurus dan termasuk herbivora berleher panjang. Sementara itu ada Dinosaurus yang berukuran kecil dinamakan Compsognatus dengan berat 3 kg sama besarnya dengan kucing. Compsognatus ini mampu berlari 60 km / jam.


1 Response to "Jenis-Jenis Dinosaurus"

  1. ada ga jenis dinosaurus yang baru di temukan...!

    ReplyDelete

Maaf komentar yang tidak relevan/spam akan saya hapus.