Apa yang Terjadi pada Persalinan Normal

Ada beberapa hal yang biasa terjadi pada saat persalinan normal yakni:
  1. Ibu Hamil siap melahirkan bila leher rahim (serviks) sudah mengalami pembukaan penuh, yakni sekitar 10 cm.
  2. Kontraksi menjadi sering dan kuat (setiap 2-3 menit), yang terjadi dalam waktu 60-90 detik, sehingga serviks pun memendek.
  3. Tahap persalinan normal terdapat 3 tingkatan, dan dikenal sebagai 'kala'. Tiap-tiap kala memiliki rentang waktu tertentu dalam pembukaan jalan lahir dan penipisan serviks, hingga si kecil lahir.
  4. Dengan kontraksi dan kekuatan Ibu hamil mendorong si kecil keluar, proses bersalin dapat berjalan dalam beberapa menit. 
  5. Ibu hamil disarankan mengejan saat diintruksikan dokter atau bidan. Jangan memaksa mendorong saat dokter tidak mengintruksikannya.
  6. Setelah kepala bayi berada di jalan lahir, akan ada tekanan yang makin besar pada pinggang dan bokong. Kontraksi akan terasa jarang. Bila Ibu hamil dapat mengejan dengan kuat sesuai dengan intruksi dokter, si kecil dapat keluar dengan sekali mengejan.
  7. Saat kepala atas bayi terlihat pada pintu jalan lahir, dokter akan melakukan sayatan antaran bibir vagina dan rektum (episiotomi) untuk memperlebar jalan lahir, sehingga kepala bayi mudah lewat. 
  8. Setelah bayi lahir, tali pusat akan dipotong dan plasenta akan menyusul dilahirkan setelah bayi lahir. 

0 Response to "Apa yang Terjadi pada Persalinan Normal"

Post a Comment

Maaf komentar yang tidak relevan/spam akan saya hapus.