Bayi Prematur

Bayi yang lahir sebelum 37 minggu, dan diatas 34 minggu dengan berat lahir > 1800 gram tetap dapat langsung disusukan kepada ibu, walaupun reflek isap belum baik. Jika pada hari pertama ASI belum mencukupi, dapat diberikan ASI donor dengan sendok/cangkir 8-10 kali sehari, atau formula khusus melalui pipa yang dimasukkan melalui hidung sebanyak 12 kali sehari.

Bila kemudian bayi tampak bisa beradaptasi minum, jumlah cairan oral boleh dinaikkan dan cairan infus dikurangi. Pemberian nutrisi pada bayi prematur dilakukan untuk menghindari penurunan berat badan selama
10 hari pertama setelah lahir, tidak melebihi 10% berat badan lahir. Selanjutnya pada hari ke-11, diharapkan berat bayi dapat bertambah 20 g per hari.

Metode Kangguru untuk bayi prematur
Perawatan bayi prematur dengan menggunakan metode kangguru atau perawatan bayi lekat, diperkenalkan pertama kali oleh Rey dan Martinez di Bogota Colombia. Metode ini merupakan alternatif inkubator, yang dapat menyediakan kondisi mirip dengan rahim ibu dan dapat dilakukan di rumah.
Caranya:
Kenakan pakaian, topi, popok dan kaus kaki yang telah dihangatkan pada bayi. Letakkan bayi di dada ibu dengan posisi tegak menempel pada kulit ibu.

0 Response to "Bayi Prematur"

Post a Comment

Maaf komentar yang tidak relevan/spam akan saya hapus.