Colca Canyon, Ngarai Terdalam di Dunia

Colca Canyon terletak 160 km di barat laut, Arequipa. Sungai Canyon yang mengalir di dasar ngarai berkedalaman rata-rata sekitar 3.400 meter. Titik paling dalam dari sungai tersebut adalah 4.160 meter, diukur dari bibir sungai ke dasar sungai.

Colca Canyon terletak di negara
Peru yang sangat dikenal oleh bangsa Inca purba itu belum banyak diketahui dikenal orang di luar Peru sampai tahun 1930-an. Jalan buatan tahun 1980-an yang menjadi akses menuju Colca Canyon sebagai bagian dari proyek listrik tenaga air menjadikan dasar ngarai sebagai lokasi petualangan para turis.

Selain olahraga rafting, kano, kayak dan pendakian, aktivitas mengamati burung juga menjadi pesona utama. Burung kondor andes yang merupakan burung terbang terbesar di dunia hidup di Colca Canyon dan bisa dilihat dari atas saat mereka meluncur di antara batu karang ngarai.

Nama "Colca" merujuk pada lubang-lubang kecil yang digali pada dinding ngarai pada masa silam. Para pakar antropologi percaya bahwa lubang-lubang tersebut digunakan untuk menyimpan bahan makanan. Beberapa di antara lubang yang lebih besar di gunakan sebagai makam orang-orang penting dalam periode Inca dan Pra Inca.

Sumber : Kompas, Minggu 5 September 2010

0 Response to "Colca Canyon, Ngarai Terdalam di Dunia"

Post a Comment

Maaf komentar yang tidak relevan/spam akan saya hapus.