Cara Beriklan di Internet

Cara beriklan di internet? Mungkin cara tersebut masih belum begitu lazim digunakan sebelum internet berkembang pesat seperti sekarang. Iklan bertebaran lewat televisi maupun media cetak. Namun, dewasa ini cara beriklan di internet banyak dilakukan oleh pengiklan baik perorangan (seorang pengguna internet) hingga brand perusahaan terkemuka. Internet semakin mudah dan murah untuk diakses, alhasil bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Facebook, jaringan sosial yang digilai dan menjadi trend saat ini, membuat hampir semua orang merasa perlu memiliki akun di jaringan sosial tersebut. Maraknya pengguna facebook menjadi keuntungan tersendiri bagi para advertiser untuk mengiklankan produk-produk mereka. Terkadang iklan dijejalkan dalam bentuk spam yang sengaja dikirim ke akun pengguna facebook. Cara ini mungkin kurang efektif oleh karena hanya terlihat oleh teman-teman pengiklan. Selain itu iklan dengan sendirinya menjadi tak terlihat seiring dengan waktu. Lain halnya dengan iklan banner yang selalu hadir di setiap pengguna facebook online dengan akunnya di komputer. Pertanyaannya, sebesar apakah keefektifan iklan-iklan tersebut? Saya yakin respon sebagian pengguna facebook hanya sekedar melirik atau bahkan tidak peduli dengan deretan banner. Bisa dikatakan hal ini membuat niat yang disampaikan advertiser tidak seperti yang diharapkan.

Lalu, cara beriklan di internet seperti apa yang efektif buat menjaring konsumen? Internet, rasanya tidak bisa dipisahkan dari website maupun blog. Ketika online, selain facebook-an, pengguna internet mencari artikel, data, info dll yang dibutuhkan oleh yang bersangkutan. Blogger menyajikan apa yang dibutuhkan oleh peselancar di dunia maya. Blogger sepenuh hati menulis dan memberikan yang terbaik agar blog maupun website dikunjungi oleh pembacanya. Masing-masing blog atau website juga mempunyai daya tarik untuk membuat pembaca setia mengunjungi sebuah blog. Apresiasi dan kepuasan akan artikel yang ditunjukkan oleh para pembaca sebuah blog terkadang ditinggalkan lewat komentar-komentar mereka. Selain tertarik dengan artikel, pembaca kadang juga tertarik dengan iklan yang dipasang di blog. Iklan biasanya dibuat mencolok oleh para blogger. Selain karena faktor ketertarikan, pembaca meluangkan waktu untuk "berterima kasih" dengan melihat pesan yang disampaikan, awalnya hanya mengklik setelah tertarik dengan pesan/iklan yang disampaikan blogger, mereka akan menindaklanjuti dengan memakai produk yang ditawarkan.

Permasalahannya, jumlah blogger sangatlah banyak dan mempunyai konten yang beraneka ragam. Bagaimana cara seorang advertiser memilih blog untuk dipasangi iklan produk-produk mereka? Adakah cukup waktu bagi advertiser untuk menyeleksi blog-blog kemudian melakukan transaksi dengan para bloggernya? Untuk salah satu alasan tersebut IDBlogNetwork membantu para advertiser untuk beriklan di blog-blog yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Dengan menjembatani para advertiser dengan blogger yang mempunyai konten berkualitas dan tentu saja tidak mengandung SARA atau konten dewasa yang berbau pornografi.

Hampir semua blogger berlomba-lomba menjadi publisher di IDBlogNetwork. Jajaran pendiri IDBlogNetwork tidak diragukan lagi kemampuannya. Mereka telah berpengalaman dalam industri online dan teknologi informasi. Kukuh TW, seorang progammer yang sebelumnya juga pendiri Kumpul Blogger. Siapa yang tidak mengenal majalah Femina? Mubarika Darmayanti, tidak diragukan lagi pengalamannya dengan pernah bekerja di majalah wanita populer tersebut. Selain pernah bekerja di perusahaan besar Kelompok Kompas Gramedia, beliau juga pernah bekerja pada Admax. Dan pendiri yang tidak kalah hebatnya adalah Moch Farid, beliau adalah Praktisi IT berpengalaman di bidang aplikasi programming dan infrastruktur . Maka tidak heran, dalam waktu singkat (sejak Agustus 2010) IDBlogNetwork menjadi paling besar di seluruh Indonesia.

Beberapa perusahaan kartu sellular besar, seperti Telkom Flexi, Simpati Telkomsel, XL, As Telkomsel dengan produk-produk seperti XL Blackberry Free Roaming, Kartu AS Telkomsel,  iPhone 4 Telkomsel , Google Maps Telkomsel, telah diluncurkan dan dipublish di blog-blog yang menjadi member IDBlogNetwork. Tidak ketinggalan perusahaan ponsel besar sekelas Nokia menjadi advertiser di IDBlogNetwork, dengan meluncurkan OviLife Tools, Nokia N8 dan E5. Selain perusahaan-perusahaan tersebut, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (KemenBudPar) RI juga bergabung sebagai advertiser. Blogger-blogger pun telah menyampaikan misi para advertiser untuk ikut memasarkan brand mereka. Banner iklan terpasang di blog-blog yang mempunyai konten berkualitas dan notabene mempunyai banyak pembaca setia. Selain itu, review tentang produk advertiser ditulis oleh para blogger dengan tujuan makin menguatkan sebuah brand di benak pembaca.

Jadi cara beriklan di internet seperti yang dilakukan oleh para advertiser di IDBlogNetwork merupakan cara efektif untuk menyampaikan brand dan memasarkannya di media digital online.

1 Response to "Cara Beriklan di Internet"

  1. Betul banget beriklan di internet memang sangat penting karena itu merupakan cara promosi murah dan efisien.. oleh karena itu idblognetwork hadari sebagai solusi cara beriklan di internet

    ReplyDelete

Maaf komentar yang tidak relevan/spam akan saya hapus.