Langkah-langkah Membuat Komik

langkah membuat komik
Siapa yang suka membaca komik? Tentu banyak dari kita yang suka membaca komik dan menyukai cerita-certia yang ada dalam komik. Komik yang pernah cukup populer di Indonesia adalah komik silat dan pewayangan. Jika ingin berlatih membuat komik, ikuti langkah-langkah membuat komik berikut ini:


1. Ide/gagasan/tema cerita yang akan kita buat.
2. Tentukan karakter/tokoh utamanya, juga tentukan karkater dari tokoh pembantu yang ada dalam cerita komik. Contoh tokoh utama dalam komik Indonesia yang cukup terkenal adalah "Si Buta Dari Goa Hantu"
3. Deskprisikan watak/ciri utama dari masing-masing karakter yang ada dalam cerita
4. Buat alur cerita sederhana secara garis besar yang menggambarkan isi cerita, kemudian masing-masing bisa dikembangkan. 
5. Mulai menggambar sesuai dengan alur cerita yang telah dibuat.

Berikut ini adalah beberapa contoh tema dalam membuat komik:
● Tema Horror/mistik : tema pada cerita ini bisa membangkitkan rasa takut pada hal-hal mistik dan tahayul.
● Fiksi ilmiah: cerita fiksi ilmiah, cerita dibangun berdasarkan acuan teknologi yang telah ada ataupun teknologi yang masih dalam konsep, dikembangkan lebih jauh, hingga menjadi cerita fiksi yang punya dasar acuan logika, cerita fiksi ilmiah ini sangat luas juga temanya, sebab bisa digabungkan dengan tema lainnya.
● Hayalan : cerita hayalan, biasanya bercerita tentang kehidupan sehari-hari yang berdasarkan imajinasi dan bukan kisah nyata.
● Fantasi : adalah cerita imajinasi tentang masa depan, atau masa terjadi disuatu tempat, entah di bumi atau di planet dan galaksi lainnya yang melibatkan suatu teknologi yang super canggih.
● Action : cerita aksi, dimana banyak terjadi adegan perkelahian, petualangan, kejar-kejaran, yang dilakukan oleh seorang atau sekolompok tokoh utama.
● Drama : cerita tentang kejadian sehari-hari yang dialami manusia seperti tentang cinta, kesedihan, kekecewaan, kebahagiaan yang kadang berakhir indah ataupun berending sedih.
● Komedi: cerita yang banyak diselingi oleh adegan lucu dan konyol yang terkadang dilebih-lebihkan untuk memancing tawa.
kesalahan fahaman karena beda persepsi, kesalahan dengar, pemlesetan kata-kata, singkatan-singkatan lucu, memperburuk lagi wajah dan bagian tubuh yang memang sudah buruk, kesalahan ditempat dan waktu yang tidak tepat, kecelakaan yang tidak disengaja ataupun disengaja tetapi tidak membuat tokoh-tokohnya terbunuh, hanya gepeng saja ataupun yang sejenisnya, meniru iklan dan hal-hal yang dianggap konyol lainnya.
● Wizardry : kisah tentang kekuatan magic atau mutant, dimasa lalu yang kelam di kerajaan tertentu dan bagaimana usaha seorang hero dimasa itu berupaya menyelamatkan kerajaannya dari kekuatan lawan-lawannya yang ingin merebut kerajaannya.
ataupun cerita seorang ksatria pedang, ksatria panah, ksatria tombak, atau- pun ksatria penyihir atau ksatria mutant dengan bantuan alat-alat teknologi tinggi dimasa lalu dan teman – teman aliennya atau monsternya yang ber- hasil menyelamatkan putri dan kerajaan tertentu dari ancaman kehancuran oleh lawan mereka yang berperan sebagai para antagonis.
● Misteri : Cerita yang lebih menjurus pada permainan logika, karena banyak teka-teki yang harus dipecahkan, kebanyakan cerita misteri ini dipakai dalam cerita detektive atau kepolisian, spionase, dimana tokoh hero atau tokoh baik akan berjuang memecahkan teka-teki pembunuhan yang telah, dan akan dilakukan oleh si tokoh antagonis, dan bagaimana cara si tokoh hero atau protagonis ini berusaha untuk membekuk dan membawanya ke jalur hukum untuk mendapatkan balasan dari perbuatannya yang melanggar hukum tersebut.
● Kisah nyata : Kisah nyata atau berdasarkan kisah nyata atau dalam bahasa Inggrisnya “based on true story”, cerita ini tidak semuanya benar, tetapi memang berdasarkan kejadian nyata sebagai dasarnya, tetapi tetap secara keseluruhan adalah hasil imajinasi.
● Myth : cerita rakyat yang turun-temurun dan bahkan dianggap religius oleh kalangan masyarakat tertentu dimana menceritakan tentang kehebatan seorang manusia dengan kekuatan super dimasa lalu. Kekuatan ini berasal dari mahluk yang lebih cerdas dan lebih tinggi peradab- an dan teknologinya nya dimasa lalu yang disebut dengan banyak nama se- perti ras dewa, ras alien, ras deity, ras tuhan, ras apapun yang dianggap le- bih unggul dari segi teknologi maupun kemampuan fisik & mentalnya. Myth juga punya padan kata lain yaitu Saga, Legend atau Folklore.
● Epik : cerita yang menggunakan penulisan teknik puisi yang panjang untuk menceritakan keberhasilan seorang pahlawan dimasa lalu.
● Histori : cerita yang menggunakan referensi sejarah sebagai acuan ceritanya.
● Fabel : kisah pendek yang langsung menuju pada contoh moral yang ingin disampaikan, cerita fabel tidak selalu identik dengan kisah-kisah satwa yang berperilaku seperti manusia.

1 Response to "Langkah-langkah Membuat Komik"

Maaf komentar yang tidak relevan/spam akan saya hapus.