Toucan

Toucan
Toucan (Ramphastidae) adalah salah satu keluarga burung eksotis dari daerah tropis. Selain bentuk tubuh, paruh Toucan yang berwarna-warni sangat menarik perhatian. Toucan banyak ditemukan di daerah hutan hujan di wilayah Amerika, terutama di wilayah Amazon. Burung ini membuat sarang di lubang-lubang pohon yang tinggi agar sulit dijangkau pemangsa,

Ada 38 species Toucan, 37 species di antaranya berada di Meksiko dan Argentina. Mereka hidup dengan memakan berbagai jenis buah-buahan. Namun, tidak jarang Toucan memangsa hewan-hewan yang lebih kecil, seperti serangga, kadal kecil, ular dan telur burung.

Kerjasama Toucan

Toucan mengerami telur-telurnya secara bergantian dengan pasangannya. Pada malam hari, hanya salah satu dari induk Toucan yang tidur di dalam sarang. Pengeraman ini berlangsung selama 16 hari.
Setelah telur itu menetas, bayi-bayi Toucan dibesarkan dalam sarang.

Fakta Menarik Tentang Toucan

Meskipun tidak seindah burung siul, suara Toucan bisa menembus hutan yang lebat, dan bisa terdengar dari jarang setengah mil.

Saat memelihara bayi-bayinya. Toucan sering terlihat mengeluarkan kotoran dan sampah dari dalam sarang. Jumlahnya hampir memenuhi paruhnya.

Paruh Toucan Untuk Menyamar

Toucan memiliki paruh yang berbentuk unik. Seperti kebanyakan burung, paruh ini digunakan untuk mengambil dan memakan makanan.
Lalu apa kegunaan warna-warni pada paruh Toucan? Para ahli memperkirakan warna paruh yang indah itu akan menyamarkan Toucan saat berada di antara buah-buahan yang ada di sekitarnya. Dengan demikian ia akan lebih mudah mengintai mangsanya.

0 Response to "Toucan "

Post a Comment

Maaf komentar yang tidak relevan/spam akan saya hapus.