Cendrawasih Si Jago Rayu

burung cendrawasih
Cendrawasih terkenal karena bentuknya yang sangat cantik. Karena kecantikannya, orang menjulukinya sebagai burung surga atau paradise bird. Burung ini tersebar di wilayah Indonesia bagian Timur, Papua Nugini dan Australia. 

Burung yang berasal dari keluarga Paradisaedae ini terdiri dari 43 spesies, sekitar 30 spesies diantaranya berada di Indonesia. Semuanya memiliki warna dan bentuk bulu-bulu yang indah. 

Spesies Cendrawasih itu diantaranya adalah Cendrawasih Rumbai Merah (Paradisea apoda raggiana), Cendrawasih biru (Paradisea rudulpin) dan Cendrawasih 12 Kawat (Seleucidis melanoleuca) 

Salah satu pulau tempat tinggal Cendrawasih di Indonesia iala Papua (Irian). Penduduk asli pulau ini menggunakan bulu Cendrawasih untuk hiasan dan keperluan ritual tertentu. Bulu Cendrawasih juga diminati orang Eropa pada akhir abad ke-19. Hingga kini, masih ada orang yang memburu burung ini dan menyelundupkannya keluar Indonesia. 

Fakta menarik mengenai Cendrawasih
Kebanyakan burung Cendrawasih berganti-ganti pasangan. Namun, ada jenis Cendrawasih yang setia hanya pada satu pasangan, yaitu genus Paradigalla. 

Bulu indah Cendrawasih hanya dimiliki oleh si jantan. Bulu indah ini digunakan untuk menarik perhatian si betina, pasangannya. 
Pada spesies Cendrawasih Biru, atraksi yang dilakukan ialah menggelantung terbalik sambil memekarkan bulu-bulunya. Pita hitam yang berada di dadanya juga akan mengembang dan mengecil untuk menarik perhatian si betina. 


0 Response to "Cendrawasih Si Jago Rayu"

Post a Comment

Maaf komentar yang tidak relevan/spam akan saya hapus.